MASIGNCLEAN103

Sukuk Tabungan ST003 Sudah Bisa Dibeli

sukuk tabungan st003

MASRISKI.COM - Pemerintah kembali meluncurkan sukuk tabungan untuk retail atau untuk masyarakat umum untuk bulan ini. Sukuk tabungan ini diberi nama ST003. Untuk yang belum tahu akan kita bahas apa itu sukuk tabungan dan apa kelebihan membeli ST003 ini.

Apa itu Sukuk Tabungan

Sukuk tabungan adalah salah satu instrumen yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apa bedanya dengan instrumen investasi lain seperti saving bond retail ? Sukuk adalah instrumen investasi yang dikelola berdasarkan prinsip syariah.

Di dalamnya tidak mengantung unsur judi, ketidakjelasan dan riba. Suku tabungan ini juga sudah dinyatakan sesuai dengan syariah oleh Dewan Syariah Nasional dan Majelis Ulama Indonesia. Namun, tetap digunakan untuk keperluan negara.

Keuntungan Membeli Suku Tabungan

Yang pertama adalah imbal balik yang lumayan tinggi dibandingkan instrumen investasi biasa seperti deposito. Pada ST003 kali ini, pemerintah menetapkan imbal hasil mengambang sebesar 8,15% per tahunnya. Imbal hasil ini akan dibayarkan setiap tanggal 10 tiap bulannya dan pembayaran imbalan mulai bulan April 2019 nanti.

Keuntungan lainnya adalah bisa dijadikan investasi jangaka menengah karena jangka waktunya hanya 2 tahun saja. Kemudian untuk sobat yang tidak mau menginvestasikan dananya ke instrumen yang berbau riba atau yang melanggar syariah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sobat juga bisa berpartisipasi langsung dalam pembangunan negara ini. Kita bisa bekerja sama dengan pemerintah dan sama-sama menguntungkan. Juga pembayarannya terjamin karena sudah ada payung undang-undangnya jadi tidak usah khawatir resiko kegagalan bayar.

Cara Beli Sukuk Tabungan ST003

Cara belinya bisa melalui rekanan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Hampir semua bank konvensional dan syariah bisa digunakan sebagai platform pembelian. Kemudian juga bisa melalui aplikasi seperti bareksa, investree, tanamduit dan lain-lainnya.

Minimal pembelian sukuk tabungan ST003 adalah 1 juta saja bray. Untuk pembelian maksimal dibatasi hingga 3 milyar rupiah. Jatuh tempo sukuk ini adalah 10 Februari 2021. Sedangkan masa early redemption adalah 27 Januari - 4 Februrai 2020. - masriski.com
Share This :