Senin, 10 Juni 2019

Deposito Vs Surat Utang Negara, Mana Lebih Untung ?

depostio vs surat utang negara ritel



MASRISKI.COM - Di era yang sudah serba digital investasi menjadi suatu hal yang lebih mudah dan murah. Kita juga bisa menggali infomrasi suatu instrumen investasti lebih dalam hanya dengan genggaman tangan. Kali ini saya ingin membandingkan Deposito Vs Surat Utang Negara, Mana Lebih Untung ?

Deposito

kelebihan dan kekurangan deposito


Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang sering digunakan. Apalagi untuk masyarakat awam, kemungkinan depostio menjadi instrumen investasi yang paling awal diketahui. Return dari deposito cenderung fluktuatif tergantung dari tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Namun, biasanya return bersih yang kita terima dibawah bunga acuan.

Deposito menjadi pilihan utama karena memang mudah dalam pelaksanaannya. Apalagi kalau kita sudah terdaftar dalam sebuah bank. Namun, syarat minimal deposito bagi beberapa orang terlihat besar, karena minimum uang yang bisa dimasukan ke deposito adalah Rp 8 juta. Bahkan ada beberapa bank yang minimum depostionya di atas angka tersebut. Tapi, kita bisa menambah tabungan deposito kapanpun selama kita menginginkannya.

Kelebihan deposito ada pada tingkat fleksiblitasnya. Kita bisa melakukannya kapanpun tidak terikat waktu. Kemudian jangka waktu yang diinginkan juga sangat fleksibel. Jangka waktu yang ada mulai dari satu, tiga, enam bulan hingga satu tahun. Bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan yang mana juga akan mempengaruhi besaran imbal hasil yang didapat.

Kelebihan lainnya adalah kita bisa melakukan compound interest. Compound interest adalah kondisi dimana imbal hasil yang kita terima ditambahkan dalam tabungan depostio yang dimiliki yang akan menambah jumlah tabungan deposito kita. Pajak yang dikenakan setiap penerimaan bunga atau imbal hasil dalam deposito menurut aturan adalah 20%.

Kelebihan Depostio

  • Pembelian fleksibel
  • Jangka waktu fleksibel
  • Bunga / imbal hasil beragam
  • Bisa compound interest

Kekurangan Depostio

  • Setoran minimum lumayan besar
  • Imbal hasil atau bunga fluktuatif
  • Pajak lebih besar

Surat Utang Negara

keuntungan surat utang negara ritel

Sekarang negara berusaha mendapatkan pembiayaan dari masyarakatnya. Hal inilah yang dilakukan Jepang, dimana rasio  utangnya terlihat besar tapi surat utang negaranya dimiliki mayoritas oleh penduduk negaranya.

BACA JUGA : Beli Saving Bond Ritel Tanpa NPWP

Surat utang negara yang kita maksud adalah yang versi ritel atau yang bisa dibeli oleh indivdu. Sekarang sudah ada beberapa jenis instrumen investasi SUN, mulai dari Saving Bond Ritel, Sukuk dan juga Obligasi ritel. Namun, yang kita bahas adalah saving bond ritel dan sukuk saja karena yang lebih apple to apple ke tabungan deposito.

Yang menjadi kelebihan utama dari instrumen ini adalah minimum pembelian hanya 1 juta rupiah saja. Kemudian imbal hasil yang diberikan di atas bunga depostio. Karena imbal hasil yang diberikan berdasarkan BI 7 Day Reverse Repo Rate.dan spread 195 bps (biasanya). Acuan tersebut akan menjadi imbalan minimum, apabila suku bunga di sedang di bawah acuan awal tidak akan berubah imbalan yang diterima. Namun, apabila BI 7 Day Reverse Repo Rate. sedang naik, imbalan yang didapat juga akan naik.

Kelebihan lainnya adalah pajak yang dikenakan lebih rendah dari depostio, yaitu 15% tiap transaksi. Keuntungan lainnya adalah bisa berkontribusi kepada negara secara langsung. SUN yang terbitkan biasanya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Misalnya ada yang untuk pembangunan pendidikan, insfrastruktur hingga pembiayaan APBN lainnya.

BACA JUGA : Apa itu SUKU Tabungan ?

Kekurangannya adalah kita tidak bisa membelinya sewaktu-waktu karena penerbitannya sudah terjadwal dan ada kuotanya. Jadi apabila kita terlebat SBR atau SUKUK harus menunggu seri selanjutnya yang imbal hasilnya bisa lebih rendah atau lebih tinggi.

Kemudian jangka waktu yang diberikan hanya ada satu, yaitu 2 tahun. Walaupun kita bisa melakukan early redemption saat sudah berjalan satu tahun. Namun, terlihat tidak sefleksbiel tabungan deposito. Tentu saja hal ini dipengaruhi dari kebutuhan Anda.

Kelebihan SUN Ritel

  • Imbal hasil lebih tinggi dari depoisto
  • Imbal hasil bisa naik, tetap punya nilai minimal (floating with floor)
  • Pajak lebih rendah
  • Berkontribusi ke negara secara langsung

Kekurangan SUN Ritel

  • Pembelian tidak fleksibel
  • Tidak bisa compound interest
  • Jangka waktu tidak fleksibel
So itulah perbandingan Depostio dan Surat Utang Negara (Ritel). Mana yang lebih meungutngkan tergantung dari kebutuhan atau gaya investasi dari sobat sendiri. Kalau bisa kedua-duanya kenapa tidak ? Masriski.com

0 komentar:

Posting Komentar